mitigasi bencana - menyelamatkan orang banyak atau hanya menginformasikan saja?


Lahar dingin Gunung Merapi yang memang dirasa sangat meresahkan warga khususnya warga di bantaran sungai Code, memang perlu mendapat perhatian khusus dari pemerhatinya. seperti contohnya yang dilakukan oleh beberapa komunitas dan warga kemarin tanggal 15 desember 2011. mereka mengadakan latihan simulasi penanggulangan bencana yang di bantu beberapa jajaran aparat keamanan.


     
mereka mempraktekkan segala bentuk bencana yang akan terjadi. mulai dari peringatan akan terjadinya banjir, sampai penanganan korban. 
peringatan dilakukan oleh pejabat setempat yang lalu di tanggapi oleh warga setempat dengan mulai mengungsi dan mencari tempat yang aman. pejabat setempat mulai mengumumkan bahwa jembatan akan runtuh dan lain sebagainya. lalu warga mulai memperagakan simulais korban hanyut. ada 13 warga yang hanyut di sungai. beberapa di antaranya diselamatkan dengan pelampung yang dilemparkan tim SAR lalu beberapa warga lagi ditolong dengan menggunakan perahu karet. ada juga warga yang di selamatkan dengan jaring. seorang warga yang hanyut terlalu jauh, di selamatkan dengan tali yang dikaitkan di realing jembatan. lalu di tarik oleh beberapa orang tim SAR. 


tim pemadam kebakaran juga datang untuk membantu simulasi kebakaran rumah. mereka bekerja sama dengan warga memadamkan api.

pelatihan ini berlangsung selama beberapa jam yang diakhiri dengan upacara penutupan di gedung wali kota Yogyakarta di daerah Timoho.

 

ternyata Yogyakarta memang Istimewa. banyak orang orang yang masih memiliki hati untuk membantu sesamanya. melalui komunitas komunitas radio dan yang lain. aparat keamanan yang memang juga masih semangat untuk mengamalkan tugasnya juga bergabung bersama orang orang punya hati ini.

bapak saya bergabung di salah satu komunitas radio yang bergabung juga untuk menyelamatkan orang banyak ketika ada bencana.bapak bergabung dengan komunitas Tugu Jogja. komunitas radio yang akan menginformasikan dan mengawasi banjir di sungai code.


mereka mengemban tugas yang di lakukan dengan senang hati. komunitas ini sudah memiliki beberapa jadwal yang harus di penuhi. "melalui pelatihan ini semoga dapat membantu kinerja kami dalam menangani masalah kebencanaan"

(oll's 18)

Comments

Popular Posts