Cuman Pasang Batu


Hari ini pengetahuanku tentang bangunan nambah lagi. Bukannya apa apa. Pengetahuan ini emang sepele. Cuman Pasang Batu. Tapi di balik cuman, kita ga bisa seenaknya aja maen asal tempel. Kita lihat beberapa aspek. Ga cuman dari masangnya aja, tapi, gimana kedepannya nanti.


Kali ini, ceritanya di proyek ku, di daerah kelapa Gading, finis dinding untuk dinding boundary adalah batu alam / andesit tapi yang bakar. Yang spesial juga di sini, arsiteknya ga mau ada nat di setiap sela antar batu.

Emang si perlu extra teliti dan hati hati. Apalagi masalah ukuran LOT nya. Pertemuan antar batu emang harus rapet. Dan Coatingnya pake sicosol yang doff. Walaupun ga keliatan sih di mata kalo udah di coating, atleast udah terlindungi tuh batunya.

Langkah pertama adalah pabrikasi. Kalo cara masangnya tanpa nat begini, batu alam atau andesit, harus bener bener presisi. sikunya harus bener bener siku. Dan aku harus potongin satu satu batunya. Pake mal dan harus pake mesin potong yang duduk. Kalo gak ada mesin potong yang duduk, mending ga usah ngerjain deh. karena bisa berakibat fatal. Ga akan ketemu sambungannya. coba aja kalo ga percaya.

Langkah kedua sebelom pemasangan, adalah, batu sengaja di coating satu satu. Emang bukan cara yang lazim. Tapi ternyata, cara ini ampuh buat nglindungin batunya dari lumut atau kerusakan kerusakan lain di semua lini. Khususnya depan, dan samping kanan kiri atas bawah. tapi jangan lupa, batu harus bener bener bersih. 

Langkah ketiga yaitu pemasangan batu alam. Ini nih. kita harus siapin medannya dulu. Pake benang dan jidara adalah  cara ampuh buat kita pasang batu alam biar presisi. Cukup sekali ukur, dan ga akan bergelombang. semua pasti bisa rata.

Aku di sini bukannya mau iklan ya, tapi menurutku, AM 47 adalah bahan perekat batu alam yang menghindarkan batu alam dari pengristalan yang berakibat adanya cairan putih yang biasanya ada di nat (Bahasa tukangnya ngeces). Kan jadi jelek. so.. mending pake bahan yang bisa mencegah itu semua kejadian. kalo pengkristalan itu terjadi, hemmmm bisa dipecat ente jadi kontraktor. 

sekian. thanks pembaca... :)
regard 
(oll's18)

Comments

Popular Posts